PENGERTIAN KOMPUTER: Fungsi, Komponen, Sejarah & Gambar Komputer
Salamadian8 Agustus 20181
Pengertian Komputer - Komputer berasal dari kata Computare yang artinya menghitung. Mengkonversi bahasa komputer sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika.
Secara umum, Komputer mendefinisikan sebagai alat elektronik terpisah yang menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah sebelumnya.
Komputer terdiri dari 3 elemen yaitu: Perangkat keras seperti Processor, Harddisk, RAM, CPU, Motherboard. Perangkat Lunak ( software ) seperti aplikasi- aplikasi dan juga S adalah operasi yang akan bekerja sesuai permintaan yang diberikan oleh Brainware (pengguna).
Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Komputer adalah alat elektronik yang berfungsi secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. (KBBI)
Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-permintaan dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian diproses sesuai dengan program yang disimpan di memorinya, dan menghasilkan output yang mengandung informasi. (VC Hamacher)
Kesimpulan
Pengertian Komputer adalah peralatan elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi, baik itu berupa gambar, teks, suara maupun video.
Daftar Isi Artikel [ buka ]
Fungsi Komputer
fungsi komputer
Dalam prinsipnya komputer memiliki 4 fungsi dasar, didukung
Pemrosesan Data (Pengolahan Data)
Penyimpanan Data (Penyimpanan Data)
Pergerakan Data (Pemindahan Data)
Kontrol (Pengendalian)
1. Pemrosesan Data
Komputer digunakan untuk Mengolah data sehingga dapat menghasilkan keluaran sesuai dengan Informasi. Data yang diolah umumnya berupa dokumen, teks, suara, kata, objek, video, gambar dan grafik.
2. Penyimpanan Data
Komputer digunakan untuk pengamanan dan penggunaan kembali data. komputer dapat melakukan fungsi penyimpanan dan mengambil data. Misalnya kompilasi menggunakan Ms. Word kita dapat melakukan penyimpanan (save) data tersebut ke dalam hardisk dan juga dapat mengambil kembali data tersebut (terbuka).
3. Pergerakan Data
Komputer juga dapat melakukan pemindahan data dari satu komputer ke komputer lain atau output alat lain.
4. Kontrol
……
Komponen Komputer
komponen komponen komputer
pixabay.com
Komputer terdiri dari kumpulan komponen yang dikelompokkan menjadi tiga macam unit. Yaitu unit pemasukan (Input) , unit berhasil (Proses) , dan unit pemanfaatan (Output).
1. Komponen INPUT
Komponen input adalah komponen perangkat keras yang bertugas sebagai pintu masuk tugas yang akan diberikan pada komputer. Contohnya adalah:
Keyboard . Keyboard merupakan komponen yang berfungsi memberikan masukan yang terdiri dari data alfanumerik dan interpretasi ASCII lainnya. Pada keyboard terdapat huruf AZ, angka 0 hingga 9, dan perintah-perintah lainnya.
Mouse . penghubung antara layar monitor dengan pengguna atau pengguna. Dalam pengoperasiannya, mouse terlihat sebagai pointer di layar monitor.
Trackpad . Fungsinya sama dengan mouse, hanya berbeda pada bentuknya saja.
Pena . Hanya layar kompilasi yang digunakan merupakan layar sentuh. Fungsinya seperti mouse. Untuk memberi perintah yang cukup.
Mikrofon .Komponen yang memberikan masukan dalam bentuk suara
Pemindai . Untuk mengunduh gambar yang akan dimasukkan dalam sistem komputer menjadi file digital,
2. Komponen Proses
Komponen proses adalah komponen yang mengaktifkan perintah yang diberikan oleh pengguna untuk kemudia permintaan pada komponen keluaran.
Prosesor . Komponen utama untuk pengolahan data
Papan induk . Komponen yang menjadi tempat semua komponen yang terkait. Seperti huubungan antara komponen INPUT, PROSES, dan OUTPUT.
Hard Disk . Untuk menyimpan semua yang diperlukan oleh komputer yang sifatnya permanen. Seperti dan sistem operasi komputer.
Memori (RAM) . untuk menyimpan segala aktivitas komputer untuk sementara.
3. Komponen Output
Adalah komponen yang mengerjakan sebagai alat untuk menampilkan informasi dari perintah yang telah di proses sebelumnya.
Monitor .Komponen yang membuat proses yang dikerjakan oleh komputer.
Printer . Untuk mencetak data Menjadi bentuk hard copy.
Speaker . Untuk memberikan output berupa audio kepada pengguna.
Sejarah Komputer
komputer jadul
pixabay.com
Sejarah Komputer berkaitan erat dengan perhitungan aritmatika. Jadi pada jaman dulu, fungsi komputer adalah sebagai alat bantu hitung manusia.
Seorang ahli matematika yang bernama Charles Babbage berasal dari Inggris merupakan orang pertama di dunia yang ingin berkirim surat pada para ahli di Inggris untuk mengembangkan alat hitung mekanik yang menggunakan komputer.
Pemikiran ini dia tuangkan dalam surat yang berjudul Catatan tentang Penggunaan Mesin pada Penghitungan Astronomi dan Tabel Matematika. Surat tersebut dia kirimkan pada tangga 14 Juni 1822 .
Ide Charles ini dilatarbelakangi oleh orang sering-orang pada masa itu melakukan kesalahan hitung bahkan menggunakan tabel matematika. Ingin dia mengembangkan mesin hitung yang dikembangkan dari mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.
Sejak Charles terus mengembangkan mesin komputer agar dapat di program oleh manusia, namun belum selesai. Kemudian mesin dimulai oleh putaran. Salah satu bagian dari mesin differensial yang dirakit oleh putranya kini dapat dilihat di Museum Sains London .
S elain putranya yang turut merakit, ide ini dikembangkan oleh berbagai pihak hingga menjadi komputer canggih yang kita kenal saat ini.
Perkembangan Komputer
pixabay.com
Perkembangan komputer terbagi menjadi lima kelompok angkatan. Tiap kelompok ditentukan oleh komponen utama Komputer. Setiap kelompok mendapatkan komputer yang ukurannya lebih kecil, simpel, harga terjangkau, dan tahan banting.
Penyebab diiringi dengan penemuan-penemuan komponen elektronik baru yang membuat wujud komputer semakin lengkap.
Komputer saat ini dapat memproses gambar, suara, teks, dan bentuk data non-numerik lainnya. Hal penting dari komputer, yaitu semua proses gambar, suara, teks dan lain sebagainya merupakan bentuk lain dari perhitungan angka.
Sedangkan yang diolah oleh mesin komputer adalah angka-angka saja, yaitu angka 1 dan angka 0 . Angka tersebut membentuk kombinasi kode (disebut kode biner) yang mewakili listrik aktif dan nonaktif. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari masa ke masa, mari simak uraiannya di bawah ini.
Komputer Kelompok Angkatan Pertama
Komputer kelompok angkatan pertama berkembang dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer kelompok angkatan pertama bernama ENIAC. Kepanjangannya Integrator Numerik Elektronik dan Komputer yang dikembangkan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk keperluan perhitungan tabel senjata di Laboratorium Persenjataan.
ENIAC dirancang dan dikembangkan oleh dua orang profesor asal Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Yaitu Prof. John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Selanjutnya mesin tersebut diluncurkan pada 15 Februari 1946.
ENIAC menggunakan 17.468 tabung vakum, 7.200 dioda Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan.
Tabung panas menghasilkan panas yang berlebih, jadi kurang efektif dan efektif. Bisa dibayangkan bagaimana panasnya berada di dekat ENIAC ya? Selain itu, perlu jumlah asupan listrik yang sangat besar untuk pengoperasiannya.
Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 mx 0,9 mx 30 m. Luas ruangan yang dipakai oleh ENIAC sekitar 167 m2 dan daya listrik yang digunakan sebesar 160kW. Luar biasa besar bukan? Bandingkan dengan komputer komputer atau bahkan laptop yang lebih banyak disukai sekarang ini.
Tentu sangat jauh sekali ukurannya. Kemampuan ENIAC saat itu hanya terbatas pada memecahkan satu masalah dalam satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh mesin komputer.
Masukan dimasukkan dengan cara membuat lubang pada kartu (kartu berlubang) di atas pita kertas. Berupa cetak.
Komputer Kelompok Angkatan Kedua
Kelompok angkatan kedua berkembang pada era 1959 sampai 1965. Dimana pada masa tersebut muncul transistor sebagai komponen tabung pada komputer kelompok angkatan pertama.
Transistor adalah alat semikonduktor yang berfungsi sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Transistor ukuran lebih kecil dan panas yang dihasilkan lebih sedikit dari tabung vakum. Dibandingkan, transistor membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya.
Bahasa pemrograman pada era ini semakin berkembang. Bahasa mesin dari kartu berlubang beralih ke bahasa simbol. Programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata bukan lagi dengan simbol titik-titik hitam.
Beberapa bahasa pemrogramaman yang berkembang saat itu adalah "Penerjemah Berorientasi Bisnis" (CBOL) dan "Penerjemah Rumus" atau FORTRAN. Perubahan ini membuat kerja komputer menjadi lebih baik dari angkatan sebelumnya.
Komputer Kelompok Angkatan Ketiga
Komputer-komputer generasi ketiga terjadi pada tahun 1965 hingga 1971. Ditandai dengan ditemukan dan digunakannya Sirkuit Terpadu (IC) sebagai ganti transistor oleh insinyur listrik asal Texas yang bernama Jack Kilby. Transistor pada masa ini dikembangkan dan dibuat menjadi lebih kecil dapat dipasang bersama dengan komponen lain pada IC.
Terdiri satu IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor, dan resistor. Temuan Jack membuat komputer bekerja lebih efisien dan lebih cepat lagi dari komputer kelompok angkatan sebelumnya. Selain itu sistem operasi juga mulai ditemukan dan dikembangkan pada masa tersebut.
Membicarakan komputer bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamanaan. Komputer pada masa tersebut juga Komputer pertama yang dapat dikaitkan dengan perangkat keras lain seperti keyboard. Contoh komputer kelompok angkatan tiga IBM, IBM / 30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.
Komputer Kelompok Angkatan Keempat
Inovasi selanjutnya setelah ditemukannya IC yaitu hadirnya produk Large Scale Integration atau LSI. Jadi LSI merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada satu kepingan yang disebut dengan CHIP. Adanya pemadatan beribu IC ke dalam CHIP membuat ukuran komputer semakin mengecil dan semakin sering digunakan oleh masyarakat umum. Bukan hanya untuk urusan bisnis saja, namun untuk bidang pendidikan, dan lain sebagainya.
Perkembangan komputer kelompok tidak dapat lepas dari perusahaan Intel. Karena, perusahaan ini yang membuat CHIP pertama yang diluncurkan pada tahun 1971. Hal ini menjadi awal pengembangan mesin komputer yang dulunya sebesar satu ruangan menjadi segenggam tangan.
Pengguna komputer pada kelompok angkatan mulai berkembang luas. Tidak hanya kaum elit dan bisnis saja, memiliki masyarakat yang sudah memiliki komputer. Hangga akhirnya muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis yang dimulai agar lebih cepat pertukaran menukar informasi antar kelompok bisnis Maka lahirlah internet. Perkembangan besar yang ditemukan pada kelompok angkatan ini adalah komputer jinjing atau laptop yang bisa membawa kemanapun Anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer saat ini menjadi produk komputer kelompok keempat.
Komputer Kelompok Angkatan Kelima
Komputer kelompok pertanggungan merupakan komputer yang memiliki teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini tengah dikembangkan dan dikembangkan terus-menerus. Negara yang paling mengerti dan mengatur kecerdasan buatan Jepang. Sementara itu, mereka memiliki laboratorium dan lembaga khusus untuk membuat komputer kelompok angkatan bersenjata.
Kemampuan yang diharapkan oleh komputer, kelompok, kemampuan, dukungan, visual, tanggapan, yang dapat kita ucapkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di sekitarnya.
ARTIKEL LAINNYA
PENGERTIAN TEKNOLOGI: Sejarah, Perkembangan, Manfaat & Contoh Teknologi Terbaru
10+ Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya | Pengertian & Contohnya
√ PENDIRI GOOGLE: Sejarah, Perkembangan, Fitur dan Logo Google
SIMBOL FLOWCHART: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya
»PERANGKAT LUNAK: Perangkat Lunak Pengertian, Fungsi, Contoh & Macam Macam
»PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT: Pengertian, Fungsi & Contoh I / O Komputer
√ INTERNET & INTRANET: Pengertian, Perbedaan, Fungsi dan Manfaatnya
»PERANGKAT KERAS: Pengertian, Contoh, Macam Macam Hardware & Fungsinya
Bagikan ini:
Klik untuk Berbagi di Twitter (Membuka di jendela yang baru)
Klik untuk membagikan di Facebook (Membuka di jendela yang baru)
Terkait
PENGERTIAN PROCESSOR: Fungsi, Cara Kerja & Jenis Prosesor 1 November 2019 dalam "Teknologi"
10+ Sistem Operasi Komputer dan Penjelasannya | Pengertian & Contohnya 18 Februari 2018 dalam "Teknologi"
SISTEM OPERASI: Pengertian, Fungsi, Contoh & Macam Macam Sistem Operasi 23 Oktober 2019 dalam "Teknologi"
Diagram Blok Komputer
Diagram Blok komputer adalah
diagram yang dibuat untuk mempetakan proses kerja pada suatu komputer, hal ini
bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam mengenal komponen-komponen dalam CPU
dan memahami alur kerja di dalamnya.
Komponen-komponen yang terdapat dalam
komputer sangatlah beragam, serta mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun
tetap dalam koridor yang sama.
1. Input Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer contohnya :
a. Keyboard
• Fungsi :
• Fungsi :
Fungsi keyboard digunakan untuk mengetik teks dan angka
ke dalam pengolah kata, editor teks atau program lainnya. Sebuah
keyboard komputer membedakan setiap tombol fisik dari setiap lain dan laporan semua
penekanan tombol pada software. Keyboard juga digunakan untuk memainkan game
komputer, baik dengan keyboard biasa atau dengan menggunakan keyboard dengan
fitur-fitur game khusus, yang dapat mempercepat kombinasi keystroke yang sering
digunakan. Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah ke sistem
operasi komputer, seperti ‘ kombinasi Windows Control-Alt-Delete, yang
menampilkan jendela task manager dan masih banyak lainya.
• Jenis-jenis Keyboard :
Keyboard mengadopsi port PS / 2, menggunakan port USB. keyboard nirkabel.
Keyboard mengadopsi port PS / 2, menggunakan port USB. keyboard nirkabel.
b. Mouse
• Fungsi :
Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.
• Macam – macam :
1) Mouse Mekanik yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut
2) Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse
3) Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse
• Fungsi :
Mouse adalah perangkat genggam yang digunakan untuk menunjuk posisi kursor pada layar komputer. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih item yang disimpan pada komputer dan, kemudian, melakukan tindakan pada item-item.
• Macam – macam :
1) Mouse Mekanik yaitu mouse dengan sensor mekanik berupa bola karet/logam di sisi bawah mouse yang dapat berputar ke semua arah. Sensor mekanik tersebut mendeteksi arah putar bola dan menggerakkan pointer/kursor pada layar sesuai arah tersebut
2) Mouse optomekanik, sama dengan mouse mekanik tetapi menambahkan sensor optic untuk mendeteksi gerakan dari bola mouse
3) Mouse optik, menggunakan sinar laser atau sinar LED (Light Emitting Diode) untuk mendeteksi pergerakan mouse
c. Scanner
• Fungsi :
Scanner adalah suatu alat yang bekerja dengan memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer.
• Fungsi :
Scanner adalah suatu alat yang bekerja dengan memindahkan objek yang terdapat diatas lensa scanner ke dalam memory penyimpanan komputer. Jadi jika diatas lensa scanner terdapat sebuah kertas yang berisi teks ataupun gambar, nantinya isi yang ada pada kertas yang bersangkutan ini akan dipindahkan 100% ke dalam komputer.
2. Output Device
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
a. Monitor
• Macam teknologi monitor
1) CRT (Cathode Rays Tube)
2) LCD (Liquid Crystal Display)
3) LED (Light Emitting Diode)
Pada intinya 3 jenis monitor ini mempunyai perbedaan pada bentuk fisik, pancaran cahaya, dan kekuatan resolusi, serta daya listrik yang dibutuhkan.
• Macam teknologi monitor
1) CRT (Cathode Rays Tube)
2) LCD (Liquid Crystal Display)
3) LED (Light Emitting Diode)
Pada intinya 3 jenis monitor ini mempunyai perbedaan pada bentuk fisik, pancaran cahaya, dan kekuatan resolusi, serta daya listrik yang dibutuhkan.
b. Printer
• Fungsi :
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas
• Jenis-jenis printer
1) Printer Daisy Wheel
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.
2) Printer Dot Matrix
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
3) Printer Inkjet
Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
4) Printer Laser jet
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.
5) Printer Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
6) Printer Line
Printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.
7) Printer Digital
Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.
• Fungsi :
Printer adalah alat untuk mencetak hasil kerja dari komputer kedalam media kertas
• Jenis-jenis printer
1) Printer Daisy Wheel
Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan, piringan ini bisa diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara bekerjanya relatip sangat lambat serta tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik. Walaupun begitu, kualitas huruf yang ditampilkan sangatlah bagus. Kelemahan lainnya adalah, printer jenis ini tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar ataupun grafik.
2) Printer Dot Matrix
Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas.
3) Printer Inkjet
Proses pencetakannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
4) Printer Laser jet
Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser.
5) Printer Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
6) Printer Line
Printer yang mempunyai kemampuan untuk mencetak satu baris (line) kata-kata dalam satu saat. Dengan demikian, kecepatan cetak dari line printer ini menjadi tinggi sekali apabila dibanding dengan character printer. Line printer biasanya dihubungkan dengan mini ataupun mainframe komputer.
7) Printer Digital
Printer ini bisa mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan adanya sebuah PC. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.
c. Speaker
Berfungsi untuk output suara.
Berfungsi untuk output suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu :
a. Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data.
b. Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.
Central Processing Unit (CPU) merupakan otak sistem komputer. CPU memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu :
a. Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data.
b. Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.
Komponen-komponen yang terdapat dalam
CPU adalah :
1) Mainboard
• Pengertian Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
• Fungsi Mainboard
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
2) Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
3) Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.
2) Processor
• Fungsi
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
1) Mainboard
• Pengertian Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, SoundCard, Internal Modem, dan lain-lain.
• Fungsi Mainboard
1) Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
2) Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
3) Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard.
2) Processor
• Fungsi
Processor berfungsi untuk mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
• Cara kerja
Kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Dimana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sesuai. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
Kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Dimana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sesuai. Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1 (01010101). Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.
3) Memory
Terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
Terbagi menjadi beberapa macam yaitu :
a. ROM (Read-Only-Memory a.k.a
firmware)
Memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
Memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
b. RAM (Random-Access Memory)
Memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
Memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
c. Memori Ekternal
Memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk, Optical Disk dll.
Memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Contoh: Hardisk, Floppy Disk, Optical Disk dll.
5. Interkoneksi Antar Komponen
Disebut juga galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus ini terdiri dari 3 macam yaitu :
Disebut juga galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard, bus ini terdiri dari 3 macam yaitu :
a. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
Adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.
b. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila
CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem. Sebagai contoh bila
CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).
c. Control Bus
Digunakan untuk mengontrol penggunaan, serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.
Digunakan untuk mengontrol penggunaan, serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.
Alur Pemrosesan Data Pada Komputer
Berikut
ini merupakan Bagan tentang Alur Pemrosesan Data pada Komputer (Data Bus) :
Keterangan :
Input :
Data yang akan di proses atau dibuat.
I/O :
Input / Output.
Proses :
Pengolahan data yang dimasukkan.
Memori :
Tempat menyimpan data sementara pada saat data diproses.
Storage :
Tempat menyimpan data secara permanen seteah diproses.
Output :
Hasil dari proses yang berupa tampilan, suara, cetakan.
Sistem komputer memiliki siklus
pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari
arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan
menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk
proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta
penyimpan (storage).
Input Merupakan aktifitas pemberian
data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer.
Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan
yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device .
Pada komputer, input device ini juga
bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan.
Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah
keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di
supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya. Masukan yang
didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses
(otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi
tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
Proses Setiap masukan yang disampaikan
kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor
. Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan
menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika diolah lebih
lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun
sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun ini adalah
instruction set. Instruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat
dilaksanakan oleh pemroses.
Pemroses memiliki hubungan dengan
media input, program, storage serta media output. Masing-masing akan dikontak
oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pemroses ini hanya
berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program. Tindak
lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut ke
monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya ke
media yang dituju.
Dengan mengirimkan data ke media yang
dituju, maka berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil
mengirimkan data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi
yang diminta untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi. Bus Bus
merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai
media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap
sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk
mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya.
Pada sistem komputer, bus ini termasuk
perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan
dengan kecepatan tinggi. Program Program merupakan kumpulan instruction set
yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah
sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang
mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi
logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
sesuai dengan format yang ada pada instruction set.
Storage Dalam menjalankan proses,
selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media
penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan
berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik
untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang.
Pemroses melakukan tugasnya sesuai
dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil data atau
menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan
perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan.
Output Merupakan aktifitas menerima data dari hasil
pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini,
berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja
pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan
terebut disebut dengan output device. Pada komputer contoh
output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses
diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses
tadi.
Bilangan Biner
Pengertian Bilangan Biner. Bilangan Biner atau binary atau binary
digit (dapat disingkat menajdi bit) adalah
salah satu jenis dari sistem bilangan yang ada. Bilangan Biner terdiri dari angka 0 dan 1.
Bilangan
Biner umum digunakan pada dunia komputasi. Komputer menggunakan Bilangan Biner
agar bisa saling berkomunikasi antar komponen (hardware) maupun antar sesama
komputer. Karena komputer hanya menggunakan bahasa mesin, yaitu apabila
komputer mendapatkan sinyal listrik atau tegangan listrik (Volt), berarti
bernilai 1. Apabila komputer tidak mendapatkan sinyal listrik atau tegangan
listrik, berarti bernilai 0.
Bilangan
Biner dapat dikonversikan ke jenis sistem bilangan lain seperti bilangan
Desimal dan Oktal. Manusia sering menggunakan bilangan Desimal dalam
kehidupannya sehari-hari. Bilangan Biner dan jenis sistem bilangan lainnya
saling menyusun satu sama lain. Misalnya bilangan biner 00000010 merupakan
angka 2 dalam bilangan Desimal. Begitupun sebaliknya, apabila angka 2 Desimal,
maka berarti angka 00000010 dalam Bilangan Biner.
Bilangan
Biner digunakan juga untuk menyusun suatu data ataupun file yang terdapat di
dalam komputer. Misalnya terdapat suatu file yang berukuran 1MB (Mega Byte).
Apabila 1 Byte= 8 bit, berarti file tersebut tersusun atas beratus-ratus bit
menjadi sebuah file tersebut.
Bilangan
Biner juga digunakan untuk berkomunikasi antar sesama komputer dalam suatu
jaringan. Karena komputer hanya mengerti Bilangan Biner, maka
komputer menstransmisikan sinyal-sinyal listrik ke perangkat jaringan untuk
bisa berkomunikasi satu sama lain. Bilangan Biner sangat penting dalam
menyusun suatu jaringan komputer. Untuk menyusun suatu IP Address, Bilangan
Biner sangatlah diperlukan.
Ukuran Unit Data
1.
Bit
Singkatan dari binary digit (angka biner)- merupakan satuandata terkecil. Nilainya cuma 1 dan 0 walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus didalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya. Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. Ibarat saklar, angka nol berarti off sedangkan angka 1 artinya on. Begitulah, rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit mengalir bagai orang menekan tombol on/off secara berulang-ulang dan cepat. Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik yang amat kecil pada permukaan disk. Sinar laser CD-ROM drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang komputer.
Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya. Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan komputer. Tinggal klak-klik atau ketak-ketik saja. Walau begitu, pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.
2. Byte
Terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information). Sebagai contoh, bila Anda mengetik huruf A pada keyboard, komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan 1 byte. Data.
3. Kilobyte
Satu kilobyte data bejumlah begitu bermakna. Sama saja seperti halnya kita mengetik sebuah huruf dalam notepad. Tak ada artinya. Dokumen biasanya tersimpan dalam komputer dengan ukuran kilobyte (KB). Satuan kilo biasanya berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, Komputer kan bekerja dengan sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte. Walau begitu, untuk mudahnya, Anda boleh memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan ini, misalnya, terdiri dari sekitar 12.000 karakter. Jadi, besarnya dalam komputer sekitar 12 KB.
4. Megabyte
Diatas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Orang biasanya menyebutkan “satu mega” saja. satu MB sama dengan 1.024 kilobyte. Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.
5. Gigabyte
Ukuran penyimpana data di komputer kini tidak lagi menggunakan satuan megabyte. Coba saja periksa harddisak yang ada di pasaran saat ini. Semua sudah menggunakan satuan gigabyte (GB). satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB. Diatas satuan ini ada lagi satuan terrabyte (TB) yang sama dengan 1.024 GB. Kapasitas Harddisk diukur dengan GB.
6. Kilobit
Satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Satu kilobit sama dengan 1000 bit. Sebuah modem, contohnya, menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s. Itu artinya modem tersebut mampu mengantarkan 56 kilobit (56.000 bit) data melalui jalur telephone dalam setiap detiknya. Ambil kalkulator dan coba hitung, kecepatan tersebut sama dengan 6.9 KB/s (kilobyte per second).
7. Megabit
Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 MB perdetik.
8. Hertz (Hz)
Hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika Jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Begitulah asal satuan Hertz. Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik. Di dunia komputer, satuan ini juga banyak digunakan. Pada monitor-monitor CRT misalnya, satuan Hz sebenarnya menggambarkan kemampuan me-refresh layar setiap detiknya. Monitor yang menawarkan refresh rate 85 Hz mampu me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali setiap detik. Hal ini membuat tampilannya terlihat halus dan tidak berkedip.
9. Megahertz (MHz)
Satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik. Memang belum ada monitor yang bisa mencapai kecepatan seperti ini, namun lain halnya dengan processor komputer. Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat. Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik. Pada generasi PC pertama, kecepatan processornya masih menggunakan kecepatan MHz, yaitu 4,77 MHz
Singkatan dari binary digit (angka biner)- merupakan satuandata terkecil. Nilainya cuma 1 dan 0 walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus didalam PC, berputar dari processor, Motherboard, chip memory sampai ke perangkat-perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya. Bit mengalir sebagai sinyal-sinyal listrik. Ibarat saklar, angka nol berarti off sedangkan angka 1 artinya on. Begitulah, rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit mengalir bagai orang menekan tombol on/off secara berulang-ulang dan cepat. Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD contohnya, bit tampak sebagai bintik-bintik yang amat kecil pada permukaan disk. Sinar laser CD-ROM drive memungkinkan membaca dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang komputer.
Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit. Dalam perhitungan biner ada sejumlah komputer yang dipakai, yaitu sistem 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistem itulah komputer membaca, menerjemahkan kembali dan mengolah data angka, huruf, gambar dan sebagainya. Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan komputer. Tinggal klak-klik atau ketak-ketik saja. Walau begitu, pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.
2. Byte
Terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255. Byte juga digunakan untuk mewakili huruf-huruf, angka-angka, simbol-simbol lain dalam bentuk ASCII (American Standart Code for Information). Sebagai contoh, bila Anda mengetik huruf A pada keyboard, komputer merekamnya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan biner sebagai 01000001 – yang merupakan 1 byte. Data.
3. Kilobyte
Satu kilobyte data bejumlah begitu bermakna. Sama saja seperti halnya kita mengetik sebuah huruf dalam notepad. Tak ada artinya. Dokumen biasanya tersimpan dalam komputer dengan ukuran kilobyte (KB). Satuan kilo biasanya berarti seribu, tapi satu kilobyte tidak sama dengan 1.000 byte, Komputer kan bekerja dengan sistem biner, maka satu kilobyte sebenarnya sama dengan 1.024 byte. Walau begitu, untuk mudahnya, Anda boleh memperkirakan satu kilobyte sama dengan 1.000 karakter (termasuk spasi). Tulisan ini, misalnya, terdiri dari sekitar 12.000 karakter. Jadi, besarnya dalam komputer sekitar 12 KB.
4. Megabyte
Diatas kilobyte, kita menemukan satuan megabyte (MB). Orang biasanya menyebutkan “satu mega” saja. satu MB sama dengan 1.024 kilobyte. Dan itu artinya 1 MB sama dengan 1.048.576 byte, bukan sejuta byte. Memory komputer pada umumnya diukur dengan satuan ini. Misalnya, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB dan seterusnya.
5. Gigabyte
Ukuran penyimpana data di komputer kini tidak lagi menggunakan satuan megabyte. Coba saja periksa harddisak yang ada di pasaran saat ini. Semua sudah menggunakan satuan gigabyte (GB). satuan gigabyte sama dengan 1.024 MB. Diatas satuan ini ada lagi satuan terrabyte (TB) yang sama dengan 1.024 GB. Kapasitas Harddisk diukur dengan GB.
6. Kilobit
Satuan ini tidaklah sama denga satuan kilobyte. Kilobit (Kb) merupakan satuan ukuran kecepatan transfer data komputer. Satu kilobit sama dengan 1000 bit. Sebuah modem, contohnya, menawarkan kecepatan download maksimum 56 Kb/s. Itu artinya modem tersebut mampu mengantarkan 56 kilobit (56.000 bit) data melalui jalur telephone dalam setiap detiknya. Ambil kalkulator dan coba hitung, kecepatan tersebut sama dengan 6.9 KB/s (kilobyte per second).
7. Megabit
Dalam jaringan komputer yang besar, kecepatan transfer datanya bisa mencapai satuan ukuran yang lebih besar, yaitu megabit (Mb). Kabel yang digunakan dalam jaringan komputer dikantor contohnya, dapat mengirim dan menerima data sampai 100 Mb/s atau sama dengan seratus juta bit setiap detiknya. Coba lakukan perhitungan kembali. Bahwa kecepatan transfer setinggi itu (100 Mb/s) sama dengan kecepatan 11,9 MB perdetik.
8. Hertz (Hz)
Hertz sebenarnya adalah nama keluarga dari Heinrich Rudolf, ahli fisika Jerman yang menemukan satuan pengukuran frekuensi radio dan listrik. Begitulah asal satuan Hertz. Satu Hertz (1 Hz) berarti satu putaran gelombang radio per detik. Di dunia komputer, satuan ini juga banyak digunakan. Pada monitor-monitor CRT misalnya, satuan Hz sebenarnya menggambarkan kemampuan me-refresh layar setiap detiknya. Monitor yang menawarkan refresh rate 85 Hz mampu me-refresh gambar pada layar sebanyak 85 kali setiap detik. Hal ini membuat tampilannya terlihat halus dan tidak berkedip.
9. Megahertz (MHz)
Satu Megahertz berarti satu juta putaran tiap detik. Memang belum ada monitor yang bisa mencapai kecepatan seperti ini, namun lain halnya dengan processor komputer. Kecepatan 1 MHz bagi processor akan terasa amat sangat lambat. Kecepatan processor diukur berdasarkan kemampuannya melakukan kalkulasi dalam sedetik. Pada generasi PC pertama, kecepatan processornya masih menggunakan kecepatan MHz, yaitu 4,77 MHz
Bandingkan dengan rata-rata PC Pentium 4 yang sudah
memiliki kecepatan 3,2 GHz atau 3,2 milyar kalkulasi per detik. Tapi janganlah
hanya melihat satuan ini untuk melihat kecepatan processor yang sesungguhnya.
Sering beberapa processor yang memiliki satuan kecepatan yang lebih rendah
dapat mengerjakan perhitungan yang sama dengan lebih cepat, ketimbang processor
yang kecepatannya tinggi. Produsen processor memiliki trik-trik tersendiri
untuk membuat processornya memiliki performa yang baik, tidak hanya dengan adu
kecepatan.
10. Gigahertz (GHz)
Ada dua bidang di dunia komputer yang menggunakan satuan GHz, yaitu processor dan jaringan nirkabel. Untuk processor, barusan Anda sudah tahu gambarannya kan? Nah dalam jaringan nirkabel, istilah ini biasa dipakai untuk menentukan tingkat spektrum radio yang digunakan. Bluetooth misalnya, menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Sedangkan Wi-Fi memakai frekuensi 2,4 GHz sampai 5GHz.
Kecepatan CD-RW Drive
Angka-angka yang tercantum dalam CD-RW drive sering membingungkan orang. Apa sih arti 2x, 4x, 8x, 16x, 24x, 32x dan seterusnya? Patokannya sebenarnya gampang saja. Kalikan saja angka perkalian tersebut dengan angka 150 KB per detik. Nilai itu merupakan kecepatan drive yang pertama kali Cek dengan kalkulator Anda. CD-RW drive berkecepatan 2x mampu menulis dengan kecepatan 300 KB per detik, sedangkan drive dengan kecepatan 52x mampu menulis hingga 7.800 KB/detik. Tapi angka perkalian pada CD-RW drive tidak hanya satu, ada tiga angka, rumusnya: Kecepatan baca x kecepatan tulis (CD-R) x kecepatan rewrite (CD-RW) x. CD-RW drive dengan kecepatan 48 x 32 x 16 misalnya, mampu membaca dengan kecepatan 48x, menulis dengan kecepatan 32x, dan memiliki kemampuan rewrite 16x.
11. Kecepatan DVD Drive
DVD-RW drive memang lebih cepat. Angka dasar untuk mengetahui tingkat kecepatan DVD drive adalah 1.358 KB per detik. Jadi, kalikan saja kecepatan DVD dengan angka tersebut. Drive yang beredar di pasaran kebanyakan berkecepatan 16x. Artinya, berkecepatan sekitar 22.160 KB per detik. Sayangnya, aturan di pasar DVD-RW drive memang tidak sejelas CD-RW drive. Anda tidak dapat melihat potensial untuk membaca, menulis, dan rewrite hanya dengan sekilas. Yang juga membingungkan, sebagian besar DVD drive juga dapat merekam CD-R dan CD-RW. Beberapa model terbaru malah dapat merekam ke berbagai standar DVD. Walau begitu, kalau Anda telaten membaca keterangan didalamnya, info seperti itu mestinya tersedia.
12. Kecepatan Harddisk (rpm)
Singkatan rpm (revolution per minute) pada harddisk menentukan kecepatan putar pelat magnetiknya. Semakin tinggi nilai rpm, semakin cepat pula putaran pelat disk. Hal ini berpengaruh pada nilai transfer data. Dengan kata lain, seberapa cepat data dapat dibaca dan ditulis pada disk tersebut. Biasanya, sebuah harddisk PC berputar pada kecepatan 5.400 rpm, dan tingkat kecepatan ini sebenarnya lebih dari cukup. Walau begitu, Anda bisa juga membeli harddisk dengan kecepatan 7.200 rpm. Peningkatan kecepatan ini memang memberikan sedikit peningkatan kinerja. Kalau mau, Anda juga bisa membeli model 10.000 rpm, tetapi harganya memang relatif mahal.
Kecepatan Printer (ppm)
Para vendor printer biasanya menawarkan kecepatan pencetakan printernya. Satuan yang biasa dipakai untuk menggambarkan hal itu adalah paper per minute alias ppm. Gampangnya, semakin besar nilai ppm, maka semakin cepatlah printer tersebut. Ppm sendiri sebenarnya hanya efektif untuk menggambarkan kecepatan text. Begitu ada unsur gambar atau grafik dalam dokumen, kecepatannya biasanya langsung turun. Apalagi bila kita mencetak foto pada printer inkjet, nilai ppm benar-benar tidak bisa diharapkan. Sebaliknya, kecepatan cetak foto biasanya diukur dalam hitungan menit. Apapun printernya, kecepatan pencetakan sebenarnya juga berhubungan dengan kecepatan komputer itu sendiri.
13. Frame per detik (fps)
Apa yang penting kita perhatikan dari spesifikasi sebuah kartu grafis? Lihatlah nilai frames per second (fps) yang ditawarkannya. Makin tinggi fps atau frame-ratenya, maka semakin haluslah gerakan pada layar. Dalam sebuah game, kemampuan frame-rate kartu grafis menjadi sangat penting, mengingat game memang merupakan gambar yang terus bergerak. Kalau gamenya sederhana sih, kartu grafis dengan fps yang biasa saja tidak akan menjadi masalah. Tapi cobalah mainkan game 3D, kartu grafis dengan fps yang tinggi akan menunjukkan keunggulannya. Saat memainkan video, nilai fps juga sangat menentukantingkat kehalusan tampian video. Kartu grafis dengan nilai fps rendah bisa membuat tampilan video terlihat patah-patah. Begini saja, kuncinya carilah kartu grafis dengan nilai fps dia atas 30 fps. Kalau bisa, carilah dengan nilai yang paling tinggi, apalagi Anda doyan main game 3D.
14. Dot per inch (dpi)
Kualitas hasil cetak printer dan kemampuan scaner dalam menangkap gambar biasa ditunjukan dengan nilai dot per inch (dpi). Nilai ini menunjukkan seberapa banyak titik pada satu inch persegi. Tapi kenyataannya istilah ini seolah-olah kehilangan arti pentingnya. Kemampuan sebuah printer untuk menghasilkan begitu banyak titik pada setiap inch sebenarnya bukan patokan kualitas hasil cetak. Ragam tinta, ukuran droplet (titik tinta), teknik semprot, serta kualitas kertas berkonstribusi langsung pada tampilan akhirnya. Begitu pula halnya dengan scaner. Sebuah scaner dengan resolusi 9.600 dpi contohnya, mungkin hanya bisa menangkap informasi gambar sekitar 600 dpi saja. Waspadai, tingginya nilai dpi bisa jadi merupakan hasil interpolasi digital dan bukan karena kemampuan sebenarnya.
15. Pixel
Pixel merupakan kependekan dari picture element. Satuan ini banyak digunakan pada monitor, baik LCD maupun CRT. Gambar-gambar yang Anda lihat pada monitor kenyataannya terbuat dari ribuan (bahkan jutaan) titik kecil yang berwarna, itulah yang dinamakan pixel. Hal ini biasa ditentukan oleh resolusi kartu grafisnya. Kartu grafis yang dapat menghasilkan resolusi layar 1.600 x 1.200 pixel, contohnya, akan menghasilkan 1.920.000 pixel. Resolusi sebesar itu terbilang cukup rapat dan halus. Resolusi layar monitor CRT biasanya lebih fleksibel, sementara monitor TFT lebih terbatas.
16. Point
Point atau pt menunjukkan ukuran cetak suatu jenis font. Dalam pencetakan modern, tinggi satu point biasanya sama dengan 1/72 inch (0.0138 inch atau 0.35 mm). Karena itu, font dengan ukuran itu sudah termasuk ruang untuk tipe huruf yang menjulur keatas (seperti ‘f’), ke bawah (seperti ‘p’).
17. Megapixel
Istilah megapixel sering dipakai dalam kamera digital. Satu megapixel sama dengan satu juta pixel, menunjukkan kemampuan kamera dalam menangkap detil obyek yang difoto. Asumsinya, sebuah kamera dengan kemampuan dua megapixel akan menangkap gambar yang lebih detil ketimbang kamera digital satu megapixel. Tetapi, resolusi sebenarnya hanya salah satu faktor yang mempengaruhi kamera digital. Kualitas yang sebenarnya juga sangat penting adalah kemampuan lensanya itu sendiri. Tapi hati-hati mencerna spesifikasi kamera digital. Klim dua megapixel misalnya, bisa saja sebenarnya hanya mampu mengambil resolusi sampai 1.600 x 1.200 pixel, yang artinya sama dengan 80.000 pixel. Jauh betul dari angka yang digembar-gemborkannya kan? Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Yang jelas, ada juga yang secara jujur mengungkapkan bahwa angka itu merupakan hasil interpolasi atau pengatrolan warna belaka.
10. Gigahertz (GHz)
Ada dua bidang di dunia komputer yang menggunakan satuan GHz, yaitu processor dan jaringan nirkabel. Untuk processor, barusan Anda sudah tahu gambarannya kan? Nah dalam jaringan nirkabel, istilah ini biasa dipakai untuk menentukan tingkat spektrum radio yang digunakan. Bluetooth misalnya, menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Sedangkan Wi-Fi memakai frekuensi 2,4 GHz sampai 5GHz.
Kecepatan CD-RW Drive
Angka-angka yang tercantum dalam CD-RW drive sering membingungkan orang. Apa sih arti 2x, 4x, 8x, 16x, 24x, 32x dan seterusnya? Patokannya sebenarnya gampang saja. Kalikan saja angka perkalian tersebut dengan angka 150 KB per detik. Nilai itu merupakan kecepatan drive yang pertama kali Cek dengan kalkulator Anda. CD-RW drive berkecepatan 2x mampu menulis dengan kecepatan 300 KB per detik, sedangkan drive dengan kecepatan 52x mampu menulis hingga 7.800 KB/detik. Tapi angka perkalian pada CD-RW drive tidak hanya satu, ada tiga angka, rumusnya: Kecepatan baca x kecepatan tulis (CD-R) x kecepatan rewrite (CD-RW) x. CD-RW drive dengan kecepatan 48 x 32 x 16 misalnya, mampu membaca dengan kecepatan 48x, menulis dengan kecepatan 32x, dan memiliki kemampuan rewrite 16x.
11. Kecepatan DVD Drive
DVD-RW drive memang lebih cepat. Angka dasar untuk mengetahui tingkat kecepatan DVD drive adalah 1.358 KB per detik. Jadi, kalikan saja kecepatan DVD dengan angka tersebut. Drive yang beredar di pasaran kebanyakan berkecepatan 16x. Artinya, berkecepatan sekitar 22.160 KB per detik. Sayangnya, aturan di pasar DVD-RW drive memang tidak sejelas CD-RW drive. Anda tidak dapat melihat potensial untuk membaca, menulis, dan rewrite hanya dengan sekilas. Yang juga membingungkan, sebagian besar DVD drive juga dapat merekam CD-R dan CD-RW. Beberapa model terbaru malah dapat merekam ke berbagai standar DVD. Walau begitu, kalau Anda telaten membaca keterangan didalamnya, info seperti itu mestinya tersedia.
12. Kecepatan Harddisk (rpm)
Singkatan rpm (revolution per minute) pada harddisk menentukan kecepatan putar pelat magnetiknya. Semakin tinggi nilai rpm, semakin cepat pula putaran pelat disk. Hal ini berpengaruh pada nilai transfer data. Dengan kata lain, seberapa cepat data dapat dibaca dan ditulis pada disk tersebut. Biasanya, sebuah harddisk PC berputar pada kecepatan 5.400 rpm, dan tingkat kecepatan ini sebenarnya lebih dari cukup. Walau begitu, Anda bisa juga membeli harddisk dengan kecepatan 7.200 rpm. Peningkatan kecepatan ini memang memberikan sedikit peningkatan kinerja. Kalau mau, Anda juga bisa membeli model 10.000 rpm, tetapi harganya memang relatif mahal.
Kecepatan Printer (ppm)
Para vendor printer biasanya menawarkan kecepatan pencetakan printernya. Satuan yang biasa dipakai untuk menggambarkan hal itu adalah paper per minute alias ppm. Gampangnya, semakin besar nilai ppm, maka semakin cepatlah printer tersebut. Ppm sendiri sebenarnya hanya efektif untuk menggambarkan kecepatan text. Begitu ada unsur gambar atau grafik dalam dokumen, kecepatannya biasanya langsung turun. Apalagi bila kita mencetak foto pada printer inkjet, nilai ppm benar-benar tidak bisa diharapkan. Sebaliknya, kecepatan cetak foto biasanya diukur dalam hitungan menit. Apapun printernya, kecepatan pencetakan sebenarnya juga berhubungan dengan kecepatan komputer itu sendiri.
13. Frame per detik (fps)
Apa yang penting kita perhatikan dari spesifikasi sebuah kartu grafis? Lihatlah nilai frames per second (fps) yang ditawarkannya. Makin tinggi fps atau frame-ratenya, maka semakin haluslah gerakan pada layar. Dalam sebuah game, kemampuan frame-rate kartu grafis menjadi sangat penting, mengingat game memang merupakan gambar yang terus bergerak. Kalau gamenya sederhana sih, kartu grafis dengan fps yang biasa saja tidak akan menjadi masalah. Tapi cobalah mainkan game 3D, kartu grafis dengan fps yang tinggi akan menunjukkan keunggulannya. Saat memainkan video, nilai fps juga sangat menentukantingkat kehalusan tampian video. Kartu grafis dengan nilai fps rendah bisa membuat tampilan video terlihat patah-patah. Begini saja, kuncinya carilah kartu grafis dengan nilai fps dia atas 30 fps. Kalau bisa, carilah dengan nilai yang paling tinggi, apalagi Anda doyan main game 3D.
14. Dot per inch (dpi)
Kualitas hasil cetak printer dan kemampuan scaner dalam menangkap gambar biasa ditunjukan dengan nilai dot per inch (dpi). Nilai ini menunjukkan seberapa banyak titik pada satu inch persegi. Tapi kenyataannya istilah ini seolah-olah kehilangan arti pentingnya. Kemampuan sebuah printer untuk menghasilkan begitu banyak titik pada setiap inch sebenarnya bukan patokan kualitas hasil cetak. Ragam tinta, ukuran droplet (titik tinta), teknik semprot, serta kualitas kertas berkonstribusi langsung pada tampilan akhirnya. Begitu pula halnya dengan scaner. Sebuah scaner dengan resolusi 9.600 dpi contohnya, mungkin hanya bisa menangkap informasi gambar sekitar 600 dpi saja. Waspadai, tingginya nilai dpi bisa jadi merupakan hasil interpolasi digital dan bukan karena kemampuan sebenarnya.
15. Pixel
Pixel merupakan kependekan dari picture element. Satuan ini banyak digunakan pada monitor, baik LCD maupun CRT. Gambar-gambar yang Anda lihat pada monitor kenyataannya terbuat dari ribuan (bahkan jutaan) titik kecil yang berwarna, itulah yang dinamakan pixel. Hal ini biasa ditentukan oleh resolusi kartu grafisnya. Kartu grafis yang dapat menghasilkan resolusi layar 1.600 x 1.200 pixel, contohnya, akan menghasilkan 1.920.000 pixel. Resolusi sebesar itu terbilang cukup rapat dan halus. Resolusi layar monitor CRT biasanya lebih fleksibel, sementara monitor TFT lebih terbatas.
16. Point
Point atau pt menunjukkan ukuran cetak suatu jenis font. Dalam pencetakan modern, tinggi satu point biasanya sama dengan 1/72 inch (0.0138 inch atau 0.35 mm). Karena itu, font dengan ukuran itu sudah termasuk ruang untuk tipe huruf yang menjulur keatas (seperti ‘f’), ke bawah (seperti ‘p’).
17. Megapixel
Istilah megapixel sering dipakai dalam kamera digital. Satu megapixel sama dengan satu juta pixel, menunjukkan kemampuan kamera dalam menangkap detil obyek yang difoto. Asumsinya, sebuah kamera dengan kemampuan dua megapixel akan menangkap gambar yang lebih detil ketimbang kamera digital satu megapixel. Tetapi, resolusi sebenarnya hanya salah satu faktor yang mempengaruhi kamera digital. Kualitas yang sebenarnya juga sangat penting adalah kemampuan lensanya itu sendiri. Tapi hati-hati mencerna spesifikasi kamera digital. Klim dua megapixel misalnya, bisa saja sebenarnya hanya mampu mengambil resolusi sampai 1.600 x 1.200 pixel, yang artinya sama dengan 80.000 pixel. Jauh betul dari angka yang digembar-gemborkannya kan? Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam. Yang jelas, ada juga yang secara jujur mengungkapkan bahwa angka itu merupakan hasil interpolasi atau pengatrolan warna belaka.
Hardware, Software & Brainware
Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
- Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
- Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
- Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.
Macam-macam Perangkat keras:
1. CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses dataatau mengedit data.
5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data danprogram melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan danmembaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.
Proses penyimpanan danpembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalamdisket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat daridaya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddiskmemang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistemoperasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafikdan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkandengan bentuk data yang berupa teks.
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2. Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedangdiproses dalam CPU.
3. Keyboard
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanyaterdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4. Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses dataatau mengedit data.
5. Printer
Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak,berupa teks maupun gambar/grafik.
6. CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data danprogram melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan danmembaca data atau program melalui sistem optik.
7. Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.
Proses penyimpanan danpembacaan data menggunakan sistem optik.
8. Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalamdisket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9. Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat daridaya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddiskmemang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistemoperasi yang permanen.
10. Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafikdan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkandengan bentuk data yang berupa teks.
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahasa pemprograman (Programming Language)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahasa pemprograman (Programming Language)
Ada beberapa jenis perangkat lunak, antara lain:
1. Software system
Perangkat lunak system dibagi dalam 3 bagian:
a. Sistem operasi
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting di dalam menjalankan suatuperangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembataniantara pengguna dan perangkat keras. Ada beberapa jenis sistem operasi diantaranya Windows, DOS, Linux, dan lain sebagainya. Saat ini untuk komputer jenis PC banyak menggunakan sistem operasi Windows
b. Program Bantu (utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,dan sebagainya.
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan di atas,seperti:anti virus, defragmenter, format disket,dan sebagainya.
c. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman Php, java, C++ dan sebagainya.
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengonversi perhitungan yang bersifatmatematis menjadi suatu aplikasi.Sebagai contoh bahasa pemrograman Php, java, C++ dan sebagainya.
2. Perangkat lunak aplikasi
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugasperkantoran seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, pengolahan halamanweb, hingga perangkat media player,dan sebagainya. Hal ini sudah berkembang sejaksistem operasi tersebut dikembangkan.
Software Aplikasi dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian, yaitu:
a. Pengolahan kata (word Processor)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
Berfungsi untuk melakukan pengolahan kata,yaitu pekerjaan yang berhubungandengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat.
Contoh: Wordstar,Microsoft Word, Amipro, Word Perfect.
b. Pengolah Angka (Spread Sheet)
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
Berfungsi untuk melakukan pekerjaan yang banyak berhubungan dengan angka-angka,seperti penggunaan perhitungan, laporan keuangan, dan grafik.
Contoh:Lotus 123,Quatro Pro, Microsoft Excel, Symphony, Super Calc.
c. Pengolah data (Data base)
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
Berfungsi untuk melakukan pengolahan data.Data tersebut dapat berupa angka, kataatau gabungan angka dan kata.
Contoh:dBase, Fox Base, Fox Pro, Clipper, MicrosoftAccess, Visual Fox Pro, Paradox dan lain sebagainya.
d. Multimedia
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp, Audio Pro untuk memutar musikberformat MP3 atau CD Audio.Kemudian RealPlayer, Xing, atau Jet Audio yang dapatdigunakan untuk menonton film atau VCD.
e. Komunikasi dan Internet
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
Untuk melakukan komunikasi antar computer antara dua computer ataulebih,contohnya adalah Lap Link, PC Anywhere, Procom Plus.Aplikasi internet yangumum digunakan adalah untuk browsing, e-mail, chatting dan messengerseperti:Internet Explorer, Opera, MIRC, ICQ, dan lain-lain.
f. Pendidikan dan Game
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
Software untuk membantu memahami sesuatu pelajaran banyak dikemas dalambentuk game dengan tujuan agar tidak membosankan, contohnya adalah:PC Globe,Bodyworks, Science Adventure, Reader Rabbit, dan lain-lain.
g. Perancangan Gambar
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
Aplikasi yang bersifat khusus di antaranya untuk membantu pekerjaan Engineerseperti AutoCAD (gambar struktur), Protel (gambar rangkaian elektronik), Matlab(pemroses dan visualisasi persamaan matematis), Photos Shop (mengolah gambar),dan Flash (untuk membuat halaman WEB), dan lainnya.
h. Anti Virus
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.
Software untuk membasmi virus dari perangkat penyimpan computer, contoh:Mc Afee, Norton Anti Virus, Panda, dan lainnya.Virus adalah software yang dibuat untuk merusak data atau program computer, contohnya adalah:PC Brain,Hackers, My Heart, Pepsin,Bagle, MyDoom dan lainnya.
Brainware (Pengguna) : Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar